Monday, May 21, 2007

Beda!!!


Waktu aku buka-buka bagian depan catatan harianku, di tanggal 15 Juli 2006 aku baca tulisannya Pak Bambang Haryanto di Surat Pembaca Kompas.

Beliau nulis kalo anak muda zaman sekarang rata-rata lebih milih “Jalan yang aman, yang biasa dilalui orang lain ketimbang melewati jalan yang tertutup semak belukar”. Engga kayak remaja Amerika yang menjunjung tinggi prinsip ingin beda. Bukan dalam penampilan, tetapi dalam cita-cita. Buktinya, lihat aja, tes CPNS ga pernah sepi tuh.

Walaupun dalam hati mengiyakan pendapat tersebut, nggak terima dong, Sodara-sodara!!
Emang sih…mayoritas anak muda Indonesia lebih suka milih comfort zone, sama kayak orang lain, banyak temennya kalo salah, engga punya keberanian buat mendobrak dan ngasih sesuatu yang baru buat masyarakat.

Oke, ini bukan sesuatu yang ‘salah’ (hidup nggak cuma ada benar dan salah, right?). Perbedaan bisa ada karena ada keseragaman. Lagipula, hal ini bukan cuma tanggungjawab remaja.

Kenapa?

Coba banyangkan, apa reaksi orangtua kita kalo kita bilang mau jadi pengawas hutan (maksudnya biar ga ada Illegal Logging lagi)? Langsung mendukung dengan bangga? Yakin deh, cuma suedikit yang gitu.

Orangtua juga engga salah, mereka lihat realita. Mereka pasti pengen hidup kita terjamin dan aman-aman aja. Seandainya aku jadi orangtua, aku juga engga yakin bisa ngasih kebebasan kayak gitu.

Ditambah lagi, masyarakat kita udah membentuk pola pandang bahwa profesi seperti seniman, pengawas hutan, atlet, bukan profesi yang menjanjikan.

Dengan kata lain, menumbuhkan semangat ber-inovasi adalah tanggung jawab semua orang. Untuk itu harusnya orangtua ngasih kebebasan serta kepercayaan, dan kita tunjukkan kalo kita mampu dipercaya dengan mewujudkan impian kita. Akhirnya pola pandang masyarakat juga akan berubah…Be the better Indonesia!

OkeOkeOke, siapa yang mau (baca: berani) jadi the next Soe Hok Gie? Bill Gates-nya Indonesia? Atau jadi pengawas hutan? ;p

Suatu saat nanti kita yang nentuin nasib dunia, lho…

Fight!

P.S: Jangan-jangan yang dimaksud "semak belukar" tuh salah satunya ya orangtua dan masyarakat sekitar kita ya...

2 comments:

andesmengasahpisau said...

keren...mungkin kamu juga berkenan masuk ke blogku?
gk ya?
yang jelas kamu keren

Anonymous said...

HebaT ... LeiY HebaT !


TruZ menULIz YaP leIy ..

sUkSeS !!!